Freeware Pilihan Sehari-Hari


Freeware Pilihan Sehari-Hari


Sebut saja Budi, seorang mahasiswa fakultas ekonomi. Beberapa waktu yang lalu baru saja otaknya ‘dicuci’ dengan pentingnya HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual). Apalagi salah satu dosennya selalu mengingatkan untuk banyak beristighfar jika masih menggunakan software bajakan. Oleh karena itu Budi bertekad untuk menggunakan software legal.
Budi beruntung bisa mendapatkan Windows asli legal lewat kampusnya. Tetapi bagaimana dengan software lainnya? Sadar akan keterbatasan kantongnya dia menggunakan software gratisan (freeware). Mari kita lihat freeware pilihan Budi.


Office
Berdasarkan saran dari temannya yang pengguna Ubuntu, Budi memakai LibreOffice. Kompabilitasnya dengan file hasil MS Office cukup baik. Tetapi baru-baru ini Budi sedang mencoba Kingsoft Office Free. Tampilannya lebih familiar buat yang memakai MS Office 07/10 walaupun bisa juga diganti tampilan menjadi tampilan klasik. Dalam beberapa kasus Kingsoft Office mampu membuka file hasil MS Office dengan lebih sempurna. Sementara Budi masih terus membandingkan antara keduanya, sembari menimbang perlukah membeli MS Office.

libreoffice

kingsoft

PDF Reader

Menggunakan Adobe Reader itu sudah terlalu mainstream. Budi menggunakan Foxit PDF Reader yang lebih ringan dan punya fitur tabbing.

Foxit-PDF-Reader_1

Antivirus
Antivirus yang paling bagus? Antivirus yang secara rutin di-update. Budi sekarang memakai Avast Free, tetapi bukan berarti antivirus seperti AVG Free, Avira Free kalah bagus, lebih kepada preferensi. Sedangkan Smadav digunakan sebagai pelengkap untuk menanggulangi virus lokal.

Avast-Home-Edition_1

AntiVir-Personal-Edition_1

AVG-Free-Edition_1

Smadav_1

Internet Browser

Selama ini hati Budi ada pada Mozilla Firefox dengan addons nya yang melimpah, tetapi Budi mulai tergoda dengan kesederhanaan dan kecepatan Google Chrome

mozilla_firefox_logo

google_chrome

Download Manager

Download Accelerator, Torrent Client, Site Grabber, Video Grabber itulah beberapa fitur Free Download Manager

fdm_downloads

Chatting
Budi biasa memakai Google Talk dan Yahoo Messenger  untuk chatting. Tetapi sekarang budi sedang mengevaluasi kemungkinan mengganti keduanya dengan Pidgin. Salah satu fitur utama Pidgin adalah multi akun, jadi kita bisa chatting dengan teman google dan yahoo dalam satu program.

googletalkchatclient

yahoo_messenger

pidgin_contact_window

Compression
Sebagai pengganti WinRAR, Budi memilih Haozip yang tampilannya persis WinRAR. Tetapi saat memerlukan fitur lebih Budi akan memakai Peazip.

haozip_banner

peazip_nav

Audio & Video
Untuk bisa memutar audio/video dengan baik maka Windows memerlukan yang namanya codec. Maka install saja K-Lite Mega Codec Pack , insya Allah memenuhi lebih dari kebutuhan. Jika tidak pakailah VLC Media Player, internal codec nya mampu memutar hampir semua macam file audio maupun video.


vlc-2.0-win7

CD/DVD Burner
Awalnya Budi memakai Nero Free Edition, sayang fiturnya terbatas. Oleh karena itu sekarang Budi menggunakan CDBurnerXP. Tampilannya user friendly, dan fiturnya lumayan lengkap untuk kebutuhan Budi.

Nero-Free_1

cdburnerxp_startup

Utilities
Terkadang Windows perlu dibersihkan dari file-file temporary dan sampah, maka CCleaner adalah pilihan yang tepat.

ccleaner1


Sekian pilihan Freeware Pilihan Budi, semoga bermanfaat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Link Download Software Gratis (Freeware)

Cara Mudah Mengirim Email lewat Yahoo Mail

Cara Mudah Membuat Email di Yahoo Mail